Pentingnya Kaderisasi Dalam Organisasi Nahdlatul Ulama - ANSOR TANGSEL

Tuesday, October 27, 2020

Pentingnya Kaderisasi Dalam Organisasi Nahdlatul Ulama

Doc. Upacara sebelum Pembaiatan Kader Ansor Tangsel

Dalam sebuah organisasi, harus ada seorang pemimpin yang menjalankan organisasi tersebut agar berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan cita-cita awal pembentukannya.

Sebuah organisasi tidak akan berjalan efektif ketika tidak ada kader-kader yang berkualitas dan berkompeten untuk menjalankan roda kepemimpinan.

Begitu pula dengan Organisasi Gerakan Pemuda Ansor yang sudah begitu besar di negeri ini, yang sudah mempunyai banyak kader yang menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

GP Ansor sudah mempunyai 34 Cabang Wilayah, yang di komandoi oleh kepemimpinan pusat yang terletak di ibu kota Jakarta. Dengan banyaknya cabang yang sudah menyebar tentunya GP Ansor merupakan organisasi kepemudaan yang sudah mapan dan mumpuni.  Sehingga sudah dalam kategori matang. Namun selama organisasi tersebut tidak melakukan kaderisasi, maka tinggal menunggu waktunya untuk menuju kemunduran. Karena tantangan zaman begitu kompleks dengan adanya perubahan zaman yang ditandai oleh perkembangan teknologi. Untuk itu wajib hukumnya setiap organisasi harus melakukan kaderisasi agar bisa mempersiapkan kader-kader yang militan untuk menjawab tantangan zaman.


Doc. PKD Ansor Tangsel Oktober 2020

 

Hal ini sudah dilakukan oleh GP Ansor dengan mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar atau biasa disingkat PKD. Pelatihan ini merupakan awal mula dari proses kaderisasi hingga ada pelatihan lanjutan. Secara umum PKD bertujuan untuk membentuk kader yang memiliki ketaqwaan, kemantapan ideologi dan wawasan kebangsaan, memiliki komitmen sosial dan keterampilan berorganisasi dan siap untuk melaksanakan tugas dan meneruskan estafet kepemimpinan organisasi di tingkat Anak Cabang atau Cabang.

Adapun secara khusus, peserta PKD diharapkan mampu untuk bisa dengan 5 hal ini;

  1. Memahami asas-asas hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  2. Memahami pokok-pokok ajaran Islam Ahlu Sunnah Wa al-Jama'ah An-Nahdliyah 
  3. Memahami misi dan tujuan GP Ansor serta kode etik kader
  4. Memiliki wawasan kepemimpinan dan organisasi
  5. Memiliki keterampilan berdiskusi, berkomunikasi, merencanakan dan melaksanakan tugas organisasi di tingkat Cabang 6.memiliki bekal untuk melaksanakan peran kepemimpinan pada tingkat Cabang.

Pasca pelatihan, kader lulusan PKD memiliki tugas dan peran sebagai berikut:

  1. Mengembangkan prinsip-prinsip hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  2. Menjalankan ajaran Islam Ahlu Sunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyah secara benar
  3. Menjelaskan, menjabarkan dan melaksanakan khittah NU dan Panca Khidmah GP Ansor dalam kehidupan berorganisasi dan bermasyarakat
  4. Membantu kegiatan organisasi san sekaligus dalam rangka promosi untuk meneruskan estafet kepemimpinan organisasi di tingkat Anak Cabang dan Cabang
  5. Melanjutkan ke tingkat berikutnya.

 

Doc. PKD PC GP Ansor Tangsel Oktober 2020

 

Itulah sekilas pentingnya kaderisasi dalam sebuah organisasi, agar bisa menyiapkan kader-kader yang militan, teguh dalam berprinsip, dan berani mengambil keputusan. Untuk itu di harapkan kader-kader Gerakan Pemuda Ansor akan selalu solid dalam satu komando untuk membendung gerakan organisasi lain yang berusaha mencederai eksistensi negara Indonesia.

Siapa kita Ansor NU
NKRI Harga Mati
Pancasila Jaya

Ditulis oleh Syaiful Ahyar
Penulis merupakan Anggota kader Ansor Tangsel sekaligus ketua kelas dalam Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Tangerang Selatan angkatan ke-II pada tanggal 23-25 Oktober 2020, di MI. Nurul Falah RMJ, Serpong – Tangsel.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments